Share
ubud monkey forest

Ubud Monkey Forest, atau nama aslinya adalah Mandala Wisata Wena Wana adalah cagar alam / hutan lindung yang dihuni oleh ratusan monyet / kera ekor panjang. Monkey Forest ini sudah menjadi salah satu tempat wisata yang tekenal di desa Padangtegal, Ubud.

Ubud Monkey Forest masuk dalam salah satu tempat wisata di Ubud yang wajib dikunjungi, karena sangat ikonik dan mewakili kesan akan objek wisata Ubud secara keseluruhan.

Terdapat berbagai jenis koleksi tanaman dan hutan ini juga dihuni beberapa kelompok monyet yang menempati hutan ini, masing-masing menempati wilayah tertentu dan terkadang terjadi perkelahian antar kelompok. Di dalam hutan seluas 12 hektar ini ada 3 buah pura suci bernama Pura Dalem Agung Padangtegal, Pura Beji dan Pura Prajapati.

Pura Dalem Agung Padangtegal, Pura Beji dan Pura Prajapati

Pura yang juga disebut sebagai pura kematian ini digunakan untuk memuja sang Hyang Widhi sebagai perwujudan dari Dewa Shiva. Dipercaya dibangun pada tahun 1350 dan pura ini merupakan pura yang penting bagi masayarakat sekitar.

Di sisi barat laut Ubud Monkey Forest, terletak Pura Beji. Pura ini adalah tempat memuja Tuhan (Hyang Widhi) dalam personifikasinya sebagai Dewi Gangga. Pura ini adalah tempat pensucian sebelum dilangsungkannya upacara (piodalan). Pura Beji juga sering digunakan untuk melukat sebagai pembersihan lahir dan bathin secara spiritual.

Pura ketiga adalah Pura Prajapati. Pura ini terletak di timur laut hutan. Pura ini berdampingan dengan kuburan. Di Pura ini umat Hindu memuja Tuhan (Hyang Widhi) dalam personifikasinya sebagai Prajapati. Perlu diketahui, kuburan yang ada, digunakan untuk sementara waktu sambil menunggu saat dilaksanakannya ngaben massal yang diadakan setiap 5 tahun sekali.

Pura dalem agung padangtegal

Menuju Ubud Monkey Forest

Untuk mencapai Ubud Monkey Forest akan membutuhkan sekitar 50-60 menit atau 22km dari Denpasar. Tempat wisata ini juga menjadi salah satu tujuan dalam paket tur Ubud. Atau bagi anda yang berencana untuk menginap di Ubud selama liburan anda di Bali, maka tempat wisata ini dapat menjadi pertimbangan anda sebagai kunjungan berikutnya.

Ubud Monkey Forest adalah salah satu dari tiga monkey forest di Bali, yaitu Alas Kedaton dan Sangeh.

Paket Tour

Paket Tour yang kami sediakan dengan Ubud Monkey Forest sebagai salah satu tujuan wisata adalah:

Peta Lokasi

Start typing and press Enter to search

WhatsApp chat