Share
ubud

Jika bosan dengan pantai saat wisata di Bali, coba deh wisata ke Ubud, sangat wajib dikunjungi karena terdapat banyak tempat wisata yang bisa anda kunjungi.

Ubud merupakan wilayah di Kabupaten Gianyar, berlokasi diantara persawahan dan kawasan hutan di jurang dan sungai, pemandangan alam yang tiada dua indahnya yang menjadi daya tarik wisatawan terutama wisatawan asing.

Wilayah ini adalah pusat seni di Bali karena memiliki banyak seniman yang berbakat di bidang seni ukiran, lukisan,  patung, musik dan tarian Bali.

Berbagai jenis penginapan mulai dari yang termurah sampai ke hotel berbintang, sangat cocok untuk segala kalangan pengunjung yang ingin merasakan kehidupan tradisional Bali.

Untuk mencapai wilayah ini yang berjarak 30km atau 1 jam dari Denpasar, atau 45km (90 menit) dari Bandara Internasional Ngurah Rai anda dapat menyewa mobil atau minibus selawa wisata di Bali.

Tempat Wisata dan Aktifitas yang ada di Ubud

Ubud dan sekitarnya memiliki banyak tempat yang dapat anda kunjungi, anda dapat menyesuaikan ke dalam jadwal perjalanan anda saat mengunjungi Ubud

monkey forest ubud

1. Monkey Forest

Tempat ini adalah yang paling terkenal, merupakan hutan lindung yang luas dan habitat bagi ratusan kera. Di dalam hutan ini juga terdapat pura sehingga hutan ini termasuk sakral bagi masyarakat Ubud.

Anda dapat menikmati sejuknya udara di dalam hutan ini karena pohon-pohon tinggi yang teduh. Monyet-monyet akan berkeliaran secara bebas, hati hati dengan barang bawaan anda. Monyet-monyet ini biasanya bisa lebih tenang bila mereka sudah kenyang setelah jam pemberian makan 🙂

pasar seni ubud

2. Pasar Seni
Pasar tradisional ini berada di pusat kota, menjual berbagai barang kesenian dan pakaian. Lokasi pasar ini sangat dekat dengan Puri Agung, istana peninggalan kerajaan Ubud.

Walau pasar ini tidak sebesar Pasar Sukawati, anda juga dapat menggunakan kemampuan tawar menawar anda disini untuk mendapatkan barang yang anda inginkan.

puri saren agung

3. Puri Saren Agung
Puri Saren Agung adalah sebuah bangunan istana megah yang menjadi salah satu cagar dengan nilai budaya dan sejarah sangat tinggi.

Puri ini memiliki sebuah pendopo di depannya yang sering digunakan untuk pentas seni.

tegalalang

4. Sawah Tegalalang

Apabila anda melewati ubud dan ingin melanjutkan perjalanan menuju Kintamani, maka anda dapat mampir di Tegalalang. Lokasi ini terdapat sawah terasering yang memberikan anda pemandangan alam yang indah dan hijau.

goa gajah bali

5. Goa Gajah

Goa ini merupakan goa yang dibuat dengan tangan manusia pada abad ke-9, dan digunakan untuk persemedi . Mulut goa diukir berbentuk mulut setan

museum di ubud

6. Musem-museum

Wilayah ini memiliki beberapa museum yang dapat anda kunjungi selama berada di Ubud. Diantaranya adalah  Agung Rai Museum of Art (ARMA), yang dibangun oleh Agung Rai dan memiliki koleksi seniman-seniman Bali.

Museum Antonio Blanco yang berada di perbukitan sungai Campuhan juga menjadi museum yang ramai dikunjungi wisatawan. Museum lainnya seperti Museum Rudana, Museum Neka dan tidak lupa Museum Puri Lukisan yang merupakan museum tertua di Bali bisa menjadi pertimbangan anda.

ayung rafting

7. Rafting di Sungai Ayung

Bagi yang gemar petualangan alam yang seru, anda dapat mengajak keluarga anda untuk rafting atau arung jeram di sungai Ayung. Kelas rapid yang masih bersahabat, anda dapat mengajak putra-putri (minimal 7 tahun) anda turut serta  merasakan serunya mengarungi jeram sambil menikmati pemandangan sepanjang sungai.

tari barong di ubud

8. Tari Barong, Tari Legong dan Tari Kecak

Tari Barong di Ubud dapat disaksikan di beberapa tempat dan pada jadwal tertentu saja, hanya saja berbeda dengan Tari Barong di Batubulan, tari barong disini dilakukan pada malam hari setelah pukul 19:00.

Pementasan antara lain ada di Puri Saren Ubud, Pura Dalam Ubud dan Sandi Swara Wantilan.

Sedangkan untuk Tari Kecak, wah cukup banyak tempatnya tersebar di Ubud dan pada jadwal tertentu sepanjang minggu.

Start typing and press Enter to search

WhatsApp chat