Share

Tanah lot termasuk kawasan paling terkenal dan menjadi salah satu simbol pariwisata khususnya Pulau Bali. Lokasinya berada di utara pantai Seminyak, sekitar 18 km atau 45 menit dengan mobil dari wilayah Kuta – Seminyak. Tanah lot merupakan kompleks besar wisata dengan berbagai macam toko suvenir, makanan dan wisata ke pantai dan Pura Tanah Lot. Setiap hari kawasan ini selalu penuh dengan wisatawan dari berbagai negara dari pagi sampai matahari terbenam.

Sarana kawasan ini cukup lengkap, dari lahan parkir yang cukup luas, terdapat beberapa rumah makan dan ATM. Sepanjag hari kawasan ini selalu ramai, apabila anda ingin melihat indahnya matahari terbenam, maka waktu yang paling tepat adalah pukul 5 sore.

Pura Tanah Lot

tanah lot

Pada kawasan ini terdapat dua Pura yang terletak diatas batu yang besar. Pura satunya lagi terletak di atas tebing yang menjorok ke arah laut seperti Pura Uluwatu.

Berdasarkan dengan legendanya,  pada abad ke -15, Dang Hyang Dwijendra atau Bhagawan Dang Hyang Nirartha menyebarkan agama Hindu dari pulau Jawa ke pulau Bali. Pada saat itu yang berkuasa di pulau Bali adalah Raja Dalem Waturenggong. Kedatangan Dang Hyang Nirartha disambut dengan baik  sehingga penyebaran agama Hindu berhasil sampai ke pelosok desa di pulau Bali.

Legenda menceritakan Dang Hyang Nirartha memindahkan batu karang (tempat bermeditasinya) ke tengah pantai dan memberi nama Tanah Lot yang artinya batukarang yang berada di tengah lautan. Selendangnya pun diubah menjadi seekor ular untuk menjaga Pura. Ular suci tersebut masih ada sampai saat ini.

Menyusuri Kawasan Tanah Lot

Untuk memasuki kawasan wisata ini, setelah anda memasuki pintu gerbang, anda akan dihadapkan dengan area toko-toko suvenir. Setelah melalui area ini anda akan menemukan jalan utama menuju pantai, dan masih dengan pemandangan toko yang menjual berbagai barang di kiri dan kanan jalan :).

Anda akan menemukan gerbang dengan tangga menurun menuju pantai dan Pura. Selanjutnya, nikmatilah pemandangan yang ada.

Tari Kecak

Pertunjukan Tari Kecak juga ada di Tanah Lot. Bagi anda yang ingin menghabiskan sore disini anda dapat memilih untuk menyaksikan Tari Kecak disini. Pertunjukan dimulai pukul 18.30

Biaya di Tanah Lot

 

Wisatawan Domestik
Dewasa IDR 20.000
Anak-Anak IDR 15.000
Parkir Motor IDR 2.000
Mobil IDR 5.000
Bis  IDR 10.000
Tari Kecak IDR 60.000

Paket Tour

Paket tour yang kami sediakan dengan Tanah Lot sebagai salah satu tujuan wisata adalah :

Start typing and press Enter to search

WhatsApp chat