Share

Pura Uluwatu atau Pura Luhur Uluwatuadalah pura yang terletak di barat daya Bali, tepatnya di desa Pecatu. Kurang lebih 30km atau 1 jam dari Denpasar, dan 22km atau 45 menit dari Kuta.

Pura Uluwatu adalah salah satu pura yang penting di Bali. Merupakan Pura Sad Kahyangan atau penyangga dari 9 mata angin pulau Bali. Pura Luhur Uluwatu terletak di atas bukit karang dengan ketinggian sekitar 97 meter di atas permukaan laut. Dari itulah asal usul nama Uluwatu, yang dalam bahasa Sanskerta berarti puncak batu karang.

Pura Uluwatu awalnya adalah tempat untuk memuja pendeta abad ke-11 bernama Empu Kuturan. Ia menurunkan ajaran Desa Adat dengan segala aturannya.
Kemudian Pura ini digunakan untuk memuja pendeta suci Dang Hyang Nirartha, yang datang ke Bali tahun 1550 lalu mengakhiri perjalanan sucinya dengan apa yang dinamakan Moksa atau Ngeluhur di tempat ini. Pendeta ini yang juga mendirikan Pura Tanah Lot.

Tebing karang tinggi dan menghadap ke samudera Hindia juga merupakan salah satu tempat yang cocok menyaksikan matahari terbenam. Dibawah tebing merupakan pantai Pecatu yang menjadi spot para peselancar.

Sekitar Pura Uluwatu

Pura Uluwatu

Sebelum anda dapat memasuki komplek pura, anda diwajibkan untuk mengenakan sarung apabila datang memakai celana atau rok diatas lutut. Dan hanya mengenakan selendang apabila memakai celana atau rok dibawah lutut. Hal ini untuk menghormati kesucian Pura.

Komplek Pura ini dikelilingi oleh pohon pohon rimbun dan anda dapat berjalan ke arah Pura melalui jalan setapak dan tangga menyusuri tebing tinggi. Kawasan ini juga dihuni oleh sekelompok monyet yang kadang nakal dan mengambil barang anda. Mohon berhati hati menjaga barang anda 🙂

Tari Kecak

Anda dapat menyaksikan Tari Kecak di Pura Uluwatu, untuk pemandangan matahari terbenam sambil menyaksikan pertunjukan dimulai adalah hal yang benar benar tak ternilai.

Pertunjukan dimulai pukul 18:00. Pastikan anda sudah datang lebih awal untuk dapat melihat pemandangan dan Pura terlebih dahulu. Lalu anda bisa segera ambil posisi duduk lebih awal, pastikan posisi yang paling mantap untuk dapat melihat matahari terbenam dan pertunjukan Tari Kecak, silahkan lihat gambar dibawah untuk mendapatkan bayangan dimana menentukan posisi duduknya. Posisi menentukan prestasi pemandangan indah 🙂 🙂 .

Pastikan anda memilih paket tur dengan Uluwatu sebagai salah satu tujuan wisata. Untuk kenangan indah yang tak terlupakan selama liburan anda di Pulau Bali.

Tari Kecak Uluwatu

Biaya di Pura Uluwatu

 

Wisatawan Domestik Wisatawan Asing
Dewasa IDR 20.000 IDR 30,000
Anak-Anak IDR 10.000 IDR 20,000
Parkir IDR 5.000 IDR 5,000
Tari Kecak IDR 100.000 IDR 100,000

Paket Tour

Paket tour yang kami sediakan dengan Uluwatu sebagai salah satu tujuan wisata adalah :

Peta Lokasi

Start typing and press Enter to search

WhatsApp chat