Share
Pura Ulun Danu beratan

Pura Ulun Danu Beratan adalah sebuah pura suci yang terletak di ujung danau Beratan, kawasan wisata Bedugul, desa Candikuning, kabupaten Tabanan, Bali. Perjalanan untuk menuju lokasi ini sekitar 59km atau antara 90 menit sampai 2 jam dari Kuta. Waktu tempuh ke Bedugul relatif lebih lama dibandingkan dengan tempat wisata lain di Bali dikarenakan harus melewati jalan yang menanjak.

Kompleks candi ini terletak di tepi barat laut Danau Bratan di pegunungan dekat Bedugul. Danau Beratan termasuk penting bagi masyarakat Bali karena airnya digunakan untuk pengairan jaringan irigasi (subak).

Candi ini sebenarnya digunakan untuk upacara persembahan untuk dewi Dewi Danu, dewi air, danau dan sungai.

Sejarah Pura Ulun Danu

Menurut catatan Mengwi,  I Gusti Agung Putu sebagai raja Mengwi yang membangun pura dipinggir danau Beratan. Raja ini membangun Pura Ulun Danu Beratan sebelum beliau membangun Pura Taman Ayun. Tidak disebutkan secara pasti kapan dibangunnya pura tersebut, hanya menjelaskan kapan dibangunnya Pura Taman Ayun pada upacara Anggara Kliwon Medangsia, Çaka year 1556 (1634 AD).

Kompleks Pura “terapung” ini memiliki lima pura dan sebuah stupa Buddha, Pura Penataran, Pura Dalem Purwa, Pura Taman Beji, Pura Prajapati, dan Pura Lingga Petak (Pura Ulun Danu).

OBYEK WISATA LAINNYA

Selain dari Pura Ulun Danu dan Danau Beratan yang menjadi pusat wisata di kawasan Bedugul, ada beberapa tempat wisata lain di sekitarnya yang tak begitu jauh jaraknya.

Di sekitar wilayah ini terdapat berbagai macam penginapan / hotel dan rumah makan. Beberapa tempat wisata lain yang berdekatan seperti Kebun Raya Eka Karya Bedugul yang memiliki banyak koleksi tanaman. Pasar buah dan sayur Desa Candi Kuning, pasar tradisional yang menjual aneka buah buahan dan sayuran segar

Ada beberapa danau lain yang bisa anda pertimbangkan untuk disambangi pula. Seperti Danau Tamblingan dan danau Buyan.

Paket Tour

Paket tour yang kami sediakan dengan Pura Ulun Danu Beratan sebagai salah satu tujuan wisata adalah

Peta Lokasi

Start typing and press Enter to search

WhatsApp chat