Share
goa gajah

Pura Goa Gajah merupakan salah satu pura tertua dan bersejarah pada peradaban masyarakat Hindu dan Budha di pulau Bali. Pura Goa Gajah memiliki pintu masuk menyerupai gajah.

Pura ini terletak tak jauh dari pusat kota Ubud, yaitu di desa Bedulu, Blahbatuh, Gianyar. Bila dari Denpasar akan menempuh 25km atau 40-60 menit ke arah Gianyar. Tempat wisata ini layak dikunjungi apabila anda ada rencana perjalanan wisata ke daerah Ubud. 

Sejarah dan Kompleks Pura Goa Gajah

Pura Gajah Sendiri menurut catatan kerajaan Majapahit yang bertahun 1365 AD menyatakan bahwa pura Goa Gajah di bangun oleh sebuah kerajaan di Bali bernama kerajaan Bedahulu pada abad ke 11 Masehi. Pura Goa Gajah digunakan untuk pemujaan oleh Hindu dan Buddha bersamaan atau saat itu disebut dengan agama Siwa-Buddha. Ketika popularitas agama Budha memudar, pura Goa Gajah tetap digunakan pemeluk Hindu sebagai tempat pemujaan. 

Di dalam kompleks Pura Goa Gajah tidak hanya terdapat sebuah Goa besar saja namun ada bangunan lain seperti pancuran air dari beberapa arca, airnya sendiri adalah sumber air dari pertemuan dua mata air dimana dalam masyarakat Hindu Bali hal tersebut adalah hal yang dipandang sebuah sebuah hal yang sangat suci. Terdapat juga sebuah arca dewa Ganesha sebagai dewa pelindung dalam kepercayaan agama Hindu. pada sudut lainnya terdapat reruntuhan bekas candi bercorak Buddha yang dipahat pada bebatuan cadas.

kompleks goa gajah

Kompleks pura yang terdiri dari dua bagian. Bagian pertama terletak di sebelah utara yang merupakan lokasi keberadaan warisan ajaran Siwa. Hal ini dibuktikan dengan keberadaan patung Ganesha serta Trilingga. Area ini juga menjadi lokasi peribadahan untuk umat Hindu yang ada di Pulau Bali.

Bagian kedua terletak di bagian selatan menjadi lokasi peribadahan untuk umat Budha. Area yang disebut dengan nama Tukad Pangkung ini terdapat stupa Buddha dalam sikap Dhyani Buddha Amitabha. Stupa ini merupakan sebuah stupa bercabang tiga yang dibuat dengan pahatan pada dinding batu.

Suasana dari kompleks Pura Goa Gajah sendiri penuh dengan kedamaian, bentuk arsitekturnya membawa anda era masa lalu khas era kerajaan-kerajaan bercorak Hindu dan Buddha. Anda juga diperkenankan untuk memasuki Goa utama di pura ini, didalamnya terdapat bilik-bilik yang dulunya dipercaya digunakan untuk bermeditasi.

Pura ini dibuka untuk umum namun ada pengecualian bagi para wanita yang sedang datang bulan tidak diperkenankan untuk memasuki wilayah pura untuk menjaga kesucian Pura itu sendiri.

Menuju Goa Gajah dan Tiket Masuk

Untuk mencapai tempat wisata ini anda dapat menggunakan mobil atau bis melalui sewa mobil atau paket tur. Karena lokasinya berdekatan dengan pusat Ubud, maka anda dapat mempertimbangkan untuk memasukkan tempat wisata Goa Gajah ke dalam jadwal wisata anda selama liburan di Bali.

Tiket masuk Rp 15.000
Parkir Mobil Rp 5.000

Peta Lokasi

Start typing and press Enter to search

WhatsApp chat