Share
Danau Beratan

Danau Beratan atau disebut pula dengan Danau Bratan terletak di Bedugul, desa Candikuning, kabupaten Tabanan, Bali. Jarak menuju lokasi ini sekitar 50km atau antara 90 menit sampai 2 jam dari kota Denpasar. Karena berada di ketinggian 1200 meter, hawa sejuk menyelimuti daerah ini. Suhu daerah ini bisa mencapai 18° Celcius pada saat malam hari, dan 24° Celcius pada siang hari.

Kawasan danau inilah yang membuat daerah ini menjadi lokasi pariwisata yang sangat terkenal dan wajib dikunjungi di Pulau Bali. Baik wisatawan domestik maupun asing akan mengunjugi tempat ini saat berlibur ke Bali.

Asal Usul dan Fungsi Danau Beratan

Danau Beratan merupakan danau terbesar ke-dua setelah Danau Batur dengan luas sekitar 3,8 km2. Danau ini merupakan salah satu daerah terbaik untuk dikunjungi wisatawan. Sekeliling danau terdapat Gunung Catur dan danau ini juga terdapat aktifitas air seperti parasailing dan jetski.

Menurut legenda rakyat Bali, pada awalnya Danau Beratan, Tamblingan, dan Buyan merupakan satu danau besar. Kemudian terjadi bencana gempa dan danau tersebut terbagi menjadi tiga danau besar yang berdekatan. Fungsi danau ini sangat penting bagi masyarakat Bali, Danau Bratan digunakan dalam sistem irigasi (subak) untuk tanaman padi maupun pertanian lainnya.

Obyek Wisata Sekitar Danau Bratan

Salah satu obyek yang menjadi pusat perhatian di danau Bratan adalah Pura Ulun Danu yang digunakan untuk memohon kesuburan, kemakmuran dan kesejahteraan manusia serta keseimbangan alam semesta. Anda tidak akan merasa puas untuk mengambil foto pura ini. Apalagi dengan latar belakang danau dan pegunungan. Lebih spektakuler lagi bila difoto pada saat matahari terbenam.

Danau Beratan

Di sekitar wilayah ini terdapat berbagai macam penginapan / hotel dan rumah makan, dan beberapa tempat wisata lain yang berdekatan seperti Kebun Raya Eka Karya Bedugul yang memiliki banyak koleksi tanaman. Pasar buah dan sayur Desa Candi Kuning, pasar tradisinal yang menjual aneka buah buahan dan sayuran segar

Ada beberapa danau lain yang bisa anda pertimbangkan untuk disambangi pula. Seperti Danau Tamblingan dan danau Buyan.

Peta Lokasi

Start typing and press Enter to search

WhatsApp chat