Share
alas kedaton

Alas Kedaton merupakan kawasan hutan lindung dengan luas 12 hektar. Hutan lindung Alas Kedaton dihuni monyet-monyet. Tempat wisata ini menjadi salah satu persinggahan wisatawan yang sedang menuju atau kembali dari kawasan wisata Danau Beratan atau Pura Ulun Danu Beratan.

Arti dari Alas Kedaton, alas berarti hutan dan kedaton artinya istana. Kawasan hutan ini berada desa Kukuh, kecamatan marga, Kabupaten Tabanan, sekitar 35km atau 1 jam dari Denpasar.

Tidak hanya dihuni oleh ribuan monyet / kera, hutan ini juga dihuni oleh kelelawar besar. Monyet di hutan ini cukup jinak, namun pengunjung diharapkan tetap berhati-hati, terlebih lagi dengan barang bawaan harus dijaga. Hutan ini merupakan salah satu dari tiga hutan kera yang menjadi kawasan wisata di Bali.  Selain dari alas Kedaton ada hutan kera di Sangeh kabupaten Badung dan dan Hutan Kera (Monkey Forest) Ubud Kabupaten Gianyar, semuanya menjadi tempat wisata

Pura Alas Kedaton

Di tengah hutan ini, terdapat sebuah pura. Pura Alas Kedaton adalah sebuah pura pada masa pemerintahan Raja Sri Masula Masuli. Pura ini dibangun oleh Mpu Kuturan atau Mpu Rajakertha pada tahun Saka 1100 (1178 Masehi).

Pura yang dikenal juga dengan nama Pura Dalem Kahyangan Kedaton ini menghadap ke arah barat dan memiliki beberapa keunikan tidak seperti pura-pura lain pada umumnya di Bali. Jika pura Bali pada umumnya hanya memiliki pintu tidak lebih dari 2 buah, pura ini memiliki 4 pintu gerbang sebagai pintu masuk dan keluar. Pura ini pun memiliki halaman yang unik . Pada Jaba Jeroan atau halaman dalam/utama posisinya lebih rendah dari halaman tengah (Jaba Tengah).Tidak seperti pura- Pura di Bali pada umumnya memiliki halaman dalam/utama yang lebih tinggi dari halaman tengah.

Di dalam pura  Alas Kedaton terdapat beberapa bangunan-bangunan suci (pelinggih), sebuah Lingga dan juga terdapat beberapa patung. diantaranya adalah Patung Durga Mahisasura Mardhani yang memiliki 8 tangan dan berdiri di atas sebuah patung lembu. Kemudian patung Dewa Ganesha yang duduk di atas bunga Padma atau lotus dan 2 naga.

Pura Alas Kedaton

Paket Tour

Paket tour dengan Alas Kedaton sebagai salah satu tujuan wisata adalah:

Peta Lokasi

Start typing and press Enter to search

WhatsApp chat